RSS

salu! welcome to my blog!

COFFEE ART

pernah denger art of coffee?? yap ternyata kopi bisa buat gambar juga loh, oke dijelasinya!


COFFEE ART / LATTE ART 


Seni Latte adalah metode pembuatan kopi yang dibuat dengan menuangkan dikukus susu menjadi suntikan espresso dan menghasilkan pola atau desain pada permukaan yang dihasilkan latte . Hal ini juga dapat dibuat atau dibumbui dengan hanya "menggambar" di lapisan atas busa. Seni latte sangat sulit untuk membuat konsisten, karena kondisi menuntut diperlukan dari kedua tembakan espresso dan susu. Hal ini, pada gilirannya, dibatasi oleh pengalaman barista dan kualitas dari mesin espresso . Tuangkan sendiri, kemudian, menjadi tantangan terakhir bagi seniman latte.

SEJARAH 
Seni latte dikembangkan secara independen di berbagai negara, mengikuti pengenalan espresso dan pengembangan microfoam , kombinasi dari crema dan microfoam memungkinkan pola, itu mungkin pada awalnya dikembangkan di Italia. 
Di Amerika Serikat, seni latte dikembangkan di Seattle pada 1980-an dan 1990-an, dan terutama dipopulerkan oleh David Schomer . Schomer kredit pengembangan microfoam ("beludru busa" atau "susu texturing") pada Jack Kelly dari espresso Uptown pada tahun 1986, dan pada tahun 1989 pola jantung didirikan dan tanda tangan di Schomer itu Vivace Espresso . Pola roset kemudian dikembangkan oleh Schomer pada tahun 1992, menciptakan teknik didasarkan pada foto dia melihat dari Cafe Mateki di Italia. Schomer selanjutnya dipopulerkan seni latte dalam kursus-Nya "Caffe Latte Art".

 TEKNIK 

Seni latte membutuhkan pertama memproduksi espresso dengan crema dan microfoam , dan kemudian menggabungkan untuk membuat seni latte. Lihat microfoam: prosedur untuk bagaimana microfoam dibuat; artikel ini berkonsentrasi pada seni latte sekali busa dibuat.
Sebelum susu ditambahkan, tembakan espresso harus memiliki permukaan cokelat krim, emulsi dikenal sebagai crema. Sebagai busa putih dari susu naik untuk memenuhi permukaan merah / coklat tembakan, sebuah kontras yang dibuat dan desain muncul. Seperti susu dituangkan, busa memisahkan dari cairan dan naik ke atas. Jika susu dan menembak espresso yang "tepat," dan kendi tersebut akan dipindahkan selama tuangkan, busa akan naik untuk membuat pola pada permukaan. Atau, pola dapat terukir dengan tongkat setelah susu telah dicurahkan, daripada selama tuangkan.
Ada beberapa kontroversi dalam komunitas kopi, apakah ada atau tidak ada fokus yang berlebihan pada seni latte antara barista. Argumennya adalah bahwa terlalu berfokus pada dangkal penampilan minum menyebabkan beberapa untuk mengabaikan isu-isu lebih penting, seperti rasa.  Hal ini terutama relevan dengan barista baru.


 GAYA 

Ada dua jenis utama seni latte - bebas menuangkan (pola yang diciptakan selama tuangkan) dan etsa (menggunakan alat untuk menciptakan pola setelah tuangkan). Gratis menuangkan jauh lebih umum di kafe-kafe Amerika, dan memerlukan sedikit waktu tambahan dalam mempersiapkan minuman.


 Gaya Menuangkan 

Dua bentuk paling umum dari menuangkan seni latte adalah bentuk hati dan "rosetta" atau "roset",  juga dikenal sebagai "pakis" yang menyerupai jenis bunga atau pakis. Dari jumlah tersebut, hati ini sederhana dan lebih umum di macchiatos, sementara mawar yang lebih kompleks dan lebih umum di latte.
Gaya menuangkan, cangkir ini baik disimpan tingkat atau miring dalam satu arah. Seperti susu dituangkan langsung ke dalam cangkir, busa mulai permukaan pada satu sisi (karena kemiringan). Barista kemudian bergerak pitcher dari sisi ke sisi karena mereka tingkat cangkir, atau hanya menggoyangkan cerat bolak-balik, dan selesai dengan membuat sebuah serangan cepat melalui pola sebelumnya dituangkan. Ini "mogok" menciptakan bagian batang dari desain bunga, dan tikungan dituangkan zig-zag menjadi bentuk bunga.
Sebuah tuangkan lebih langsung dan menghasilkan kurang menggeliat bentuk hati, dan variasi kecil (lobus berkurang, batang lebih besar) menghasilkan bentuk apel.
Pola yang lebih kompleks yang mungkin, beberapa beberapa menuangkan membutuhkan.


 UKIRAN/SKETSA 

Terukir pola berkisar dari bentuk geometris sederhana untuk gambar yang rumit, seperti pola crosshatched, hewan, dan bunga, dan biasanya dilakukan dengan pengaduk kopi dari beberapa macam. Seni latte terukir biasanya memiliki umur lebih pendek daripada bebas menuangkan seni latte sebagai busa larut ke dalam latte lebih cepat.


VARIAN 
Seni latte dibuat dengan menambahkan microfoam untuk espresso. Pola serupa, meskipun lebih redup, dapat dicapai dengan menambahkan microfoam kopi diseduh, seperti dalam sebuah cafe au lait atau teh. Atau, pola dapat terukir di crema dari espresso, tanpa menambahkan susu, dalam rangka untuk menghasilkan seni espresso.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment